Tegas! Antisipasi Aksi Begal dan Kejahatan Makin Brutal, Polda Jabar Perintahkan Semua Polres untuk Patroli Malam

Tegas! Antisipasi Aksi Begal dan Kejahatan Makin Brutal, Polda Jabar Perintahkan Semua Polres untuk Patroli Malam

ilustrasi begal-istimewa-google

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM     Tanggapi keresahan masyarakat terhadap aksi brutal begal motor, Polda Jawa Barat punya solusi jitu.

Demi mengantisipasi kian maraknya aksi konyol begal motor yang notabene dilakukan para pemuda ini, Polda Jabar akan melakukan patroli saat malam hari.

Maklum, umumnya pembegalan yang sering terjadi pada jam-jam rawan, yakni di malam hari saat suasana kota Kembang mulai lengang.

Polda Jabar memerintahkan seluruh Polres di wilyahnya agar melakukan patroli malam demi meminimalisasi aksi kriminal begal.

Seperti disampaikan Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Ibrahim Tompo mengatakan kalau pihaknya akan melakukan analisa dan evaluasi situasi kamtibmas terkini di Jabar. 

BACA JUGA:Tampil Makin Unik, Warna Baru Vespa Primavera Color Vibe 125 Edisi 2023 Bikin Scooterist Gemes

Solusi awal yang dinilai cukup efektif adalah patroli malam, makanya perlu digencarkan agar mempersempit ruang gerak pelaku pembegalan.

Intinya, patroli malam, menjadi upaya preventif sekaligus represif dalam menangkal berbagai tindak kejahatan, termasuk aksi begal. 

Selain patroli malam, ia melanjutkan, pihaknya bakal menggencarkan patroli, khususnya di wilayah-wilayah yang dinilai rawan aksi kejahatan.

“Nanti polres masing-masing yang akan buat kebijakan terkait pembentukan tim. Namun, konsep tugasnya sama untuk giat preventif dan represif,”  terang Kombes Ibrahim seperti dilihat dari laman NTMC.

Lebih lanjut, Ibrahim menerangkan bahwa Polda Jabar akan meningkatkan deteksi dini, termasuk penindakan terhadap para pelaku begal.

BACA JUGA:Penting! 2 Ciri ini Bisa Jadi Tanda Oli Mesin dan Gardan di Skutik Kalian Harus Diganti Baru, Jangan 'Batu' Ya...

“Deteksi dini juga akan ditingkatkan dan upaya represif atau penindakan terhadap pelaku,” tegasnya.

Nantinya tindakan tegas dan terukur jelas akan dilakukan petugas sesuai norma aturan jika aksi begal sudah membahayakan jiwa.

Sumber: ntmc