Awas Oli Palsu! PT Pertamina Lubricants Bocorkan Cara Membedakan Oli Asli Vs 'Oli Abal-Abal', Ini Ciri-Cirinya!

Awas Oli Palsu! PT Pertamina Lubricants Bocorkan Cara Membedakan Oli Asli Vs 'Oli Abal-Abal', Ini Ciri-Cirinya!

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM – Fenomena oli palsu di dunia motor dan kalangan scooterist, emang bukan hal yang baru braysis.

Meski sudah diperangi para produsen oli dengan cara sidak atau sweeping ke gerai pelumas, tapi tetap saja masih banyak pelumas palsu yang beredar.

Makanya, scooterist pun dituntut jeli dan ekstra hati-hati dalam membeli oli, jangan sampai tergiur harga murah tapi kualitasnya malah justru membahayakan komponen mesin.

Oh ya, yang dimaksud oli palsu, adalah pelumas yang ‘nembak’ atau menggunakan merek-merek ternama yang notabene kualitasnya teruji dan harganya sedikit lebih mahal.

Nah, umumnya oli palsu pakai kemasan dan label produk ternama itu, tapi isinya pelumas lain yang bisa saja kualitasnya lebih ‘rendah’ dan dijual lebih murah.

BACA JUGA:Tegas! Antisipasi Aksi Begal dan Kejahatan Makin Brutal, Polda Jabar Perintahkan Semua Polres untuk Patroli Malam

Parahnya, jika ‘oli abal-abal’  itu dipakai sebagai pelumas skutik Anda, tentu saja akan berakibat fatal. Ujung-ujungnya, mesin pun terancam jebol, hiii... amit-amit!

Pasalnya, kandungan oli mesin juga cukup kompleks, tidak hanya berpatok pada kekentalannya saja tapi ada aditif lain yang sudah diformulasi.

Technical Specialist PT Pertamina Lubricants (PTPL) Brahma Putra Mahayana, mengatakan kandungan oli mesin cukup kompleks, tidak hanya berpatok pada kekentalannya saja.

"Dampaknya jelas akan berpengaruh terhadap mesin. Perlu diketahui, kandungan pada oli mesin itu kompleks.

Bukan semata base oil, tapi juga ada aditif tertentu untuk mendukung kerja mesin. Tentu saja sudah diformulasikan sesuai kebutuhan mesin," beber Brahma.

BACA JUGA:Tampil Makin Unik, Warna Baru Vespa Primavera Color Vibe 125 Edisi 2023 Bikin Scooterist Gemes

Ia menambahkan, kandungan maupun kualitas oli mesin palsu yang dipasarkan oknum tertentu jelas berbeda dengan buatan pabrik.

"Itu berarti lain pula fungsinya, pada akhirnya dapat merusak mesin. Berbeda dengan pelumas dari produsen resmi seperti PTPL yang memiliki laboratorium untuk mengetahui kualitas pelumas-pelumasnya," sambungnya.

Demi menghindari itu, hal pertama yang perlu diperhatikan saat ingin membeli oli adalah jangan mudah tergiur dengan harga murah.

Brahma menyarankan kepada pemilik kendaraan untuk membelinya di toko atau bengkel yang terpercaya.

Khususnya pada oli buatan Pertamina, terdapat beberapa ciri untuk mengidentifikasi keasliannya. Identifikasi ini bisa dilakukan konsumen dengan mengecek batch number oli tersebut.

BACA JUGA:Penting! 2 Ciri ini Bisa Jadi Tanda Oli Mesin dan Gardan di Skutik Kalian Harus Diganti Baru, Jangan 'Batu' Ya...

Menurut Brahma, cara ini paling mudah untuk mengetahui oli atau pelumas tersebut benar asli buatan pabrik atau hasil pemalsuan

"Paling gampang bisa dilihat pada batch number pada tutup botol atau leher botol. Base number itu kita produksi pakai laser, pasti simetris, berurutan dan rapi." 

"Yang palsu biasanya bolong, jenis dan ukuran font tidak sama, nggak rata dan nggak simetris," jelasnya.

Selain itu, oli atau pelumas Pertamina Lubricants juga sudah dilengkapi dengan QR-Code yang dipasang pada bagian tertentu kemasan. Pengaplikasian QR-code ini tentu tak dapat dipalsukan.

"Kita juga ada QR-code pada kemasan olinya. Kalau di kita, biasanya nomor QR-Code-nya random. Beda kalau palsu, biasanya nomornya cenderung sama karena hasil printing," pungkas Brahma.

Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber