Perlu Tau! Bukan Sekadar Melumasi, Oli Juga Berfungsi Penting untuk Meningkatkan Performa dan Tarikan Skutik Kalian!

Perlu Tau! Bukan Sekadar Melumasi, Oli Juga Berfungsi Penting untuk Meningkatkan Performa dan Tarikan Skutik Kalian!

Oli Ecstar Buat Motor, Menjaga Kinerja Mesin Motor Suzuki Tetap Optimal--SIS


Oli Ecstar Buat Motor, Menjaga Kinerja Mesin Motor Skutik Suzuki Tetap Optimal, Tarikan juga jadi makin enteng brosis||SIS

"Ternyata, fungsi oli pada mesin motor enggak sekadara melumasi komponen nih, brosis. Tapi juga bisa mendukung agar tarikan dan performa dapur pacu skutik lebih maksimal."

DUNIASCOOTER:  Merawat mesin motor, adalah ritual wajib yang harus dilakukan bikersexpertis agar tunggangan tetap awet dan dalam performa maksimal.

Oli, tentu merupakan bagian terpenting pada motor, untuk melumasi komponen-komponen bergerak dalam agar kinerjanya tetap maksimal.

Seperti dibilang Hariadi, Asst. to Service Dept. Head PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), oli punya beberapa fungsi krusial yang dapat menunjang stabilitas kinerja mesin. Di antaranya:

1. Melumasi Komponen Mesin
Oli mesin berguna untuk melumasi komponen mesin, meminimalkan gesekan, dan membuat mesin lebih ringan sehingga menghasilkan langkah kerja mesin yang optimal.

BACA JUGA:Daftar Harga Skutik Honda PCX Series Terbaru, September 2021, Fitur Lengkap dan Perfoma Handal

Semakin ringan gerak yang ditimbulkan, maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan mesin.

Pengendara sepeda motor perlu memberikan oli dengan kualitas terbaik yang sesuai untuk jenis mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat bekerja dengan optimal, mesin berjalan mulus, bebas gangguan dan hal yang tak kalah penting oli akan melindungi komponen mesin.

2. Melapisi Permukaan Komponen Mesin
Komponen mesin perlu dilapisi dengan baik dan setiap komponen harus saling terhubung maksimal agar kinerja mesin dapat bekerja lebih optimal.

Oli memiliki peranan penting sebagai pelapis permukaan komponen mesin. Oli akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin, hal ini dapat meminimalisir celah (clearence) yang timbul akibat renggangnya komponen mesin.

BACA JUGA:Kok Bisa? Harga Vespa Cristian Dior Bisa Tembus Sampai Rp1,35 Miliar, Cek Fakta Sesungguhnya

3. Mendinginkan Komponen Mesin
Oli mesin berfungsi sebagai pendingin agar komponen yang bergerak tetap berada pada suhu yang stabil.

+++++

Komponen yang saling bergesekan dapat membuat suhu mesin menjadi panas, namun dengan adanya oli mesin yang mengalir ke komponen dapat mengurangi gesekan yang terjadi sehingga komponentetap berada di area suhu normal. Hal ini membuat bentuk komponen tetap dalam kondisi terbaik.

4. Membersihkan Komponen
Oli dapat mengalirkan gram komponen yang terjadi dari dampak gesekan mesin sehingga kondisi komponen mesin tetap bersih.

Kotoran karena gesekan antar komponen mesin tersebut akan diangkut oleh oli yang tersirkulasi dalam mesin dan akhirnya tertampung di filter oli.

BACA JUGA:Terkini: Skuter Listrik Suzuki Burgman Street 125 Dikabarkan Segera Masuk Produksi, Indonesia Menyusul?

Kondisi ini akan membuat bagian dalam mesin tetap bersih karena tidak ada kotoran yang menempel maupun menggumpal.

5. Menghaluskan Suara Mesin
Oli mesin memiliki fungsi meredam suara yang ditimbulkan akibat interaksi maupun gesekan antar komponen mesin sehingga suara mesin menjadi lebih halus. Namun tetap harus memperhatikan viskositas yang sesuai standardisasi mesin.

6. Melindungi dari Korosi
Oli berguna memberikan lapisan menyeluruh di tiap komponen. Komponen mesin yang terbuat dari logam sangat rentan terkena proses elektrokimia atau karat yang terbentuk akibat tercampurnya hidrogen, oksigen dan atom di besi.

Maka dari itu, oli mesin memiliki fungsi melindungi setiap komponen dari karat yang menyebabkan korosi. Hal ini yang membuat oli berubah warna menjadi gelap yang menandakan bahwa oli telah berhasil mengangkat kotoran dalam mesin.

BACA JUGA:Hadir Lebih Menggoda, TVS Callisto 110 Versi 2021 Sodorkan 10 Warna Unik dan Fitur Injeksi Lebih Canggih

“Penggunaan oli mesin yang tepat dan sesuai kebutuhan kendaraan dapat menunjang cara kerja mesin menjadi optimal.

+++++

Untuk itu, kami sarankan agar pengguna sepeda motor Suzuki selalu datang dan memanfaatkan kemudahan layanan di bengkel resmi Suzuki yang tersebar di seluruh Indonesia untuk melakukan perawatan mesin, termasuk penggantian oli secara berkala.

Perawatan di bengkel resmi memberikan keuntungan bagi konsumen agar kinerja mesin sepeda motor tetap optimal dan bebas gangguan,” tutup Hariadi.

Selama pemberlakuan kebijakan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat), operasional bengkel resmi Suzuki yang terdiri dari 251 bengkel sepeda motor mengikuti peraturan pemerintah setempat.

BACA JUGA: Info Motor Baru! Honda Akan Rilis Skutik ALTO Berkapasitas 350cc, Upgrade dari ADV250?

Sumber: pt sis