Serupa Tapi Tak Sama! Nih, Beberapa Perbedaan Honda Vario 160 Versi Malaysia dan Indonesia...

Serupa Tapi Tak Sama! Nih, Beberapa Perbedaan Honda Vario 160 Versi Malaysia dan Indonesia...

JAKARTA, DUNIASCOOTER.COM   Menyusul Indonesia, akhirnya Honda di Malaysia juga kenalkan Vario 160 versi 2023.

Ikut pasarkan Honda Vario 160 di negeri Jiran tersebut, tentu Honda bukan tanpa alasan, karena pencinta skutik itu Malaysia juga cukup tinggi.

Tak kalah dengan Indonesia, fans Honda Vario di negara Siti Nurhaliza ini juga banyak yang memodifikasi tampilan skutik berbodi ‘bahenol’ tersebut.

Lantas, apa bedanya antara Honda Vario yang dirilis di Tanah Air dengan Vario yang diluncurkan di Malaysia?

Secara sekilas sih, tampilannya mirip. Namun, ada beberapa bagian saja yang membedakan antara Vario 160 Indonesia dengan Malaysia.

BACA JUGA:Hadirkan Vespa Batik di Acara Peresmian Pabrik, Piaggio Group Buktikan Komitmen Berbisnis di Indonesia

BACA JUGA:Peduli Korban Gempa Cianjur, Tim Nouvo Lovers Galang Dana Bantuan: Dibuka Sampai 3 Desember 2022

Contoh bisa disimak  dari desainnya. Honda Vario 160 di Malaysia memiliki bodi yang cukup besar dan gaya desain yang agresif dan tajam.

Seperti digambarkan Paultan.org, pada area depan skutik  ini mengadopsi dual LED headlamp berdesain futuristik disertai dengan lampu sein berbentuk minimalis. 

Sedangkan perbedaan dapat ditemui pada sistem pengereman yang mengadopsi model discbrake biasa, mengingat Vario 160 Indonesia memakai wavy discbrake. 

Tak hanya itu, untuk versi Malaysia menggunakan tambahan mata kucing pada sepatbor depan dan belakang, mengingat fitur tersebut merupakan hal wajib di Malaysia.

Pada sektor mesin, New Honda Vario 160 menggunakan mesin yang sama seperti di Tanah Air.  Matik satu ini dibekali mesin eSP+ 4 stroke 4 valve SOHC single silinder berkubikasi 156 cc dengan sistem pendinginan cairan.

BACA JUGA:Awas Oli Palsu! PT Pertamina Lubricants Bocorkan Cara Membedakan Oli Asli Vs 'Oli Abal-Abal', Ini Ciri-Cirinya!

BACA JUGA:Tegas! Antisipasi Aksi Begal dan Kejahatan Makin Brutal, Polda Jabar Perintahkan Semua Polres untuk Patroli Malam

Berkat mesin tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 15.4 PS di 8.500 Rpm dan torsi maksimal di angka 13.8 Nm di 7.000 rpm. 

Selain itu, perawakan dari motor ini sudah mengadopsi rangka jenis eSAF seperti Honda Genio dan Scoopy. Dengan begitu, bobot motor lebih ringan yakni 118 kg.

Honda Vario 160 versi 2023 hadir dengan dua varian yakni CBS dan ABS. Menariknya, sistem pengereman ABS menjadi fitur standar untuk market Malaysia. 

Di sisi lain untuk  segi pencahayaan, Honda Vario 160  ini menggunakan lampu LED yang sama seperti versi Indonesia.

Honda Malaysia menawarkan Honda Vario 160 versi 2023 dalam dua varian yakni standar dan special Edition. Varian standar dijual dengan banderol RM. 9.998 atau jika dirupiahkan sekitar 34 jutaan.

Sedangkan varian special edition dijual lebih mahal dengan harga 10.298 Ringgit.

Temukan konten Duniascooter.com menarik lainnya di Google News

Sumber: berbagai sumber